Apa itu Proxy Server?

Sebuah fungsi yang sering dikombinasikan dengan firewall adalah proxy server. Server proxy adalah lapisan aplikasi produk yang bertindak sebagai perantara antara klien jaringan dan server Internet. aplikasi klien harus dikonfigurasi untuk menggunakan server proxy dan administrator dapat mengkonfigurasi server untuk membatasi akses pengguna ke sumber daya tertentu Internet.
proxy server juga dapat membuat pekerjaan akses Internet Anda lebih efisien. Jika Anda mengakses halaman di situs Web, misalnya, itu cache (disimpan) pada server proxy. Ini berarti bahwa saat Anda kembali ke halaman itu, biasanya tidak harus memuat lagi dari situs Web. Sebaliknya beban instan dari server proxy.Ada saat-saat yang Anda mungkin ingin pengguna jauh untuk memiliki akses ke item pada jaringan Anda. Beberapa contoh adalah:
- Situs web
- Bisnis Online
-  FTP download dan upload daerah
Cara kerja Proxy server
Bagaimanakah proxy bekerja? Sebenarnya prinsip kerja proxy server sangatlah sederhana, saat user menggunakan layanan suatu proxy lalu meminta file atau data yang terdapat di public server (internet) maka proxy akan meneruskannya ke internet jadi seolah-olah proxy tersebut yang memintanya. Dan saat proxy server telah mendapatkan apa yang diminta oleh user, proxy akan memberikan respon kepada user jadi seolah-olah dialah public servernya.

Fungsi proxy
Berikut di bawah ini adalah beberapa fungsi proxy:
1. Fungsi conecting sharing
Salah satu fungsi proxy adalah sebagai connecting sharing yaitu sebagai penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu alamat IP dan diantarkan ke alamat IP lainnya ataupun kepada IP komputer user.
2. Fungsi filtering
Terdapat beberapa proxy yang dilengkapi dengan firewall yang dapat memblokir beberapa atau sebuah alamat IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak dapat diakses dengan memakai proxy tersebut. Itulah salah satu fungsi dari proxy sebagai filtering. Baca juga: Pengertian firewall dan fungsinya terlengkap.
3. Fungsi caching
Dan fungsi proxy yang lainnya yaitu sebagai fungsi caching, disini maksudnya proxy juga dilengkapi dengan media penyimpanan data dari suatu web, dari query ataupun permintaan akses user. Misalnya permintaan untuk mengakses suatu web dapat lebih cepat jika telah ada permintaan akses ke suatu web pada pemakai proxy sebelumnya. Itulah fungsi proxy sebagai chacing.
 Kelebihan Poxy Server
•Tersedia banyak IP Proxy yang bisa kita gunakan entah itu dari tipe transparent proxy, anonymous, dan elite.
•Kalau dapat IP yang bagus, koneksi bisa lebih cepat.
•Masih bisa membuka akun-akun kita di internet seperti facebook, google, twitter, dll. Kalaupun butuh otentikasi gak perlu seribet kalo kita pake Tor Browser.

Kekurangan Proxy Server
Kekurangan proxy server dalam suatu jaringan TCP/IP adalah:

1.      Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet.

2.      Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut.
Previous
Next Post »