Soal tanya jawab Komputer Sistem Arsitektur






1.    Gambarkan arsitektur sistem komputer modern



2.   Tuliskan secara singkat dan tepat,bagaimana siklus instruksi terjadi !

Pada awal setiap siklus instruksi, CPU membaca instruksi dari memori. Pada CPU yang umum, suatu register yang disebut program counter (PC) dipakai untuk mengawasi instruksi yang akan dibca selanjutnya.
Intruksi yang dibaca akan dimuatkan ke dalam sebuah register di dalam CPU yang dikenal sebagai instruction register (IR). CPU menginterpretasikan intruksi dam melakukan aksi yang diperlukan.

3.      Apa perbedaan antara interrupt dengan trap ? apa kegunaan tiap-tiap fungsi tersebut ?

·         Interrupt adalah suatu permintaan khusus kepada mikroprosessor untuk melakukan sesuatu bila terjadi interupsi,maka komputer akan menghentikan dahulu apa yang sedang dikerjakannya dan melakukan apa yang diminta oleh yang menginterupsi
Kegunaan =  Interupsi memindahkan pengendalian kepada interrupt service routine melalui interrupt vektor yang berisi alamat dari semua service routine
·         Trap adalah interupsi karena terjadinya kesalahan atau kondisi kekecualian yang dihasilkan proses yang running seperti usaha ilegal dalam mengakses file. Dengan adanya trap,sistem operasi menentukan apakah kesalahan yang dibuat merupakan kesalahan fatal.
Kegunaan= menghentikan proses running jika fatal. Jika kesalahan tidak fatal bergantung sifat kesalahan dan rancangan sistem operasi kemungkinan yang dilakukan adalah menjalankan prosedur pemulihan atau memperingatkan pemakai

4.     Jelaskan perbedaan interupsi I/O dengan menggunakan metode synchronous dan asynchronous !
Synchronous
·         I/O dijalankan, I/O selesai digunakan , kontrol menginformasikan kembali ke user proses.
·         Untuk menunggu selesai digunakannya I/O biasanha digunakan peritah
·         Hanya ada satu I/o yang sedang bekerja pada suatu waktu
·         CPU tahu pasti, I/O device mana yang menginterrupt
·         Proses I/O tidak dapat berjalan simultan
Asynchronous
·         Kembali ke user program tanpa harus menunggu I/O selesai digunakan
·         Efisiensi sistem bertambah
·         CPU dapat digunakan untuk menjalankan proses atau menjadwal kerja I/O yang lain
·         Memerlukan device Status Table,untuk mengetahui status dan isi setiap request pada setiap device yang ada

5. Berikan alasan mengapa hardware perlu di proteksi ?
Karena

Keamanan hardware berkaitan dengan perangkat keras yang digunakan dalam jaringan komputer. Keamanan hardware sering dilupakan padahal merupakan hal utama untuk menjaga jaringan  agar tetap stabil. Dalam keamanan hardware, server dan tempat penyimpanan data harus menjadi perhatian utama. Akses secara fisik terhadap server dan data-data penting harus dibatasi semaksimal mungkin , Akan lebih mudah bagi pencuri data untuk mengambil harddisk atau tape backup dari server dan tempat penyimpanannya daripada harus menyadap data secara software dari jaringan.


6.  Apa yang di maksud dengan operasi dual-mode pada sistem operasi?

Operasi dual mode adalah Sebuah bit yang disebut mode bit ditambahkan ke perangkat keras untuk menunjukkan mode operasi saat itu: 0 untuk kernel modedan 1 untuk user mode.
Dengan adanya dual-mode operation, eksekusi sebuah program/proses bisa dibedakan sumbernya, apakah dieksekusi oleh sistem operasi atau dieksekusi oleh pengguna. Hal ini akan sangat berguna dalam berjalannya sistem operasi.

7.  Apabila suatu sistem komputer tidak di lengkapi dengan dual-mode protection pada hardwarenya, mungkin dibuat suatu sistem operasi yang aman untuk komuter tersebut?

Tidak, karena dual mode protection berfungsi untuk  mengatur eksesuksi sebuah program  yang di pasang di sebuah perangkat keras , sedangkan sistem operasi merupkan perangkat lunak  jadi kesimpulannya ialah  tidak dapat membuat sistem operasi yang dapat  mengamankan komputer tanpa dual mode protection.

8.   Kapan cache menjadi sangat berguna?

Cache sangat berguna ketika  ingin mempercepat akses data pada komputer karena cache menyimpan data/informasi yang telah diakses oleh suatu buffer, sehingga meringankan kerja processor.

9.       Mengapa diperlukan dibutuhkan caching pada sistem komputer modern?

Caching pada sistem komputer modern itu sangat di perlukn agar dapat  mempercepat komputer  dan memungkinkan melakukan proses lebih cepat




Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
21 Juli 2017 pukul 02.20 ×

Bismillah... assalamu'alaikum kk. Saya mau tanya kk. Saya ini di terima di GCS UNM saya mau nanya cara belajarnya nanti pake b.inggris atau b.indinesia kk ??? Sama saya mau minta materi kk yg sdh dipelajri semester 1-6 kalau bisaa

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar