Jenis-jenis Web Hosting


 Web hosting merupakan sebuah penyimpanan untuk menempatkan file hasil desain sebuah web (html,php dan desain)  agar dapat di akses melalui jaringan internet.

Dalam sebuah web hosting ada beberapa cara untuk mendapatkannya  yaitu sebgai berikut :

1. Shared hosting : Merupakan layanan hosting berbayar yang paling murah. penyedia hosting membagi perbagian server dan sumber dayanya. sehingga dapat di pakai bersama sama oleh puluhan hingga ratusan website. dan tersedia beberapa  ruang simpan tertentu (10Mb, 50Mb, hingga 100Mb).

2. Reseller hosting : Merupakan Layanan "makelar" hosting sang penyelenggara sebenarnya bukan pengelola server, mlainkan konsumen yang menjadi perpanjangan tangan dari penyedia hosting lain. Reseller di beri kewenangan untuk menjual kembali, membuat paket paket, dan menggunaka nama/merk  sendiri untuk layanannya.

3. VPS Hosting    : Merupakan layanan hosting berbayar yang lebih mahal di bandingkan shared hosting. Harga sewanya berkisar antara puluhan  hingga ratusan ribu per bulannya. secara teknis, penyedia hosting  membagi sumber daya dan sebuah server menjadi  beberapa server virtual. perbedaan paket dan harga vps terletak pada besar kapasitas  harddisk ,bandwidth , jumlah core CPU, alokasi memori  jumlah ip address, dan spesifikasi teknis lainnya.

4. Cloud Hosting  : Merupakan perluasan dari model VPS hosting ,secara teknis, penyedia layanan menggabungkan sumberdaya beberapa server, lalu membaginya kembali menjadi beberapa server virtual. kelebhannya terletak pada keamanan  data dan kelancaran layanan website .

5. Colocation Hosting  : Merupakan layanan hosting berbayar paling mahal, penyedia layanan hanya menyediakan infrastuktur dan prasarana pendukung, adapun pelanggan harus menyediakan komputer server sendiri.

6. Free Hosting   : Merupakan layanan hosting gratis. anda hanya cukup mendaftarkan dan menyimpan file web di server. penyedia freehosting biasanya menawarkan sub domain untuk alamat web jika ada belum memlik domain sendiri contoh dari free hosting : Webbly.com, Webs.com dan lainnya.
Previous
Next Post »